Peluang dan Tantangan Industri Digital di Indonesia

Program studi komunikasi kali ini mengadakan acara yang cukup menarik, Peluang dan Tantangan Industri Digital di Indonesia, dengan pembicara H. Muhammad Farhan, S.E. selaku Anggota Komisi I DPR RI dan dosen ilmu komunikasi Tanri Abeng University, Irwan Setyawan, S.Sos., M.I.Kom. acara yang diawali dengan sambutan langsung dari Rektor Tanri Abeng University, Dr. Tanri Abeng, M.B.A. ini dihadiri oleh 120 peserta dari seluruh Indonesia, karena tercatat penanya hadir dari kota Palu, Makassar dan juga Provinsi Nusa Tenggara.

Dalam pemaparannya, Muhammad Farhan mengatakan bahwa, “Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia disebabkan adanya transaksi digital. Dimulai saat Pandemi Covid-19 yang memicu pertumbuhan kegiatan transaksi digital dengan maraknya penggunaan jasa pengiriman dan belanja online yang semakin digemari oleh masyarakat.”, lalu tambahnya “Indonesia merupakan negara yang tumbuh karena adanya konsumen yang sering melakukan transaksi digital. Oleh karena itu, meningkatnya disrupsi teknologi digital dIndonesia menuntut para pelaku industri untuk menyesuaikan pola bisnis agar selaras dengan perkembangan era digital.”

Narasumber selanjutnya, Irwan Setyawan memaparkan, “Sebelum memasuki industri ini, sebaiknya pemahaman mengenai ragam industri digital perlu ditingkatkan supaya para pelaku dapat menghadapi tantangan yang akan datang. , Beliau juga menambahkan, “Kunci keberhasilan dalam bidang digital selain ilmu pengetahuan yang memadai adalah, niat baik, kreativitas dan bijaksana tentunya. Untuk itu, kita perlu mengambil peluang dengan belajar dan berlatih di media sosial, mengembangkan kreativitas di Youtube, berbisnis di Industri TV, streaming dan film.”, program studi ilmu komunikasi terbilang cukup aktif dalam melakukan webinar dan menjalankan program sharing session dengan beragam nara sumber dari beragam kalangan dan beragam bidang, mulai dari musisii hingga pemimpin redaksi.