Ilmu Komunikasi

 

Mengapa memilih Ilmu Komunikasi ?

Pada masa sekarang, dengan persaingan yang cukup ketat pada beragam bidang industry, banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan bidang ilmu komunikasi yang kompeten sekali di bidangnya. Kompetensi lulusan ilmu komunikasi yang paham mengengenai beragam taktik, Teknik tata cara mengirimkan informasi yang tepat bagi Perusahaan pada public sangat dibutuhkan. Dengan latar belakang keadaan industry tersebut, PRODI Ilmu Komunikasi TAU yang berkonsentrasi komunikasi yang berkonsentrasi pada komunikasi korporat ini menggabungkan antara teori dan praktik secara proporsional dan profesional untuk mempersiapkan mahasiswa/mahasiswi menjadi seorang sarjana di bidang Ilmu Komunikasi yang kompeten di bidangnya.

Dengan proses pembelajaran yang unik dan menarik. Program studi ilmu komunikasi TAU juga memberikan pengalaman pada mahasiswa, mahasiswa akan diperkenalkan ke berbagai institusi untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang dunia kerja.

Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi yang terpercaya dan terkemuka dengan menghasilkan lulusan yang berstandar nasional dan internasional pada tahun 2032.

Misi:

Prodi Ilmu Komunikasi mempunyai misi:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dengan menitikberatkan pada nilai profesional, kewirausahaan, dan kepemimpinan manajerial yang disinergikan dengan bidang Ilmu Komunikasi melalui proses pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
  2. Melaksanakan kegiatan keilmuan dengan melakukan penelitian dari skala lokal sampai pada skala internasional, baik untuk pengembangan ilmu maupun penerapan secara praktik di dunia bisnis dan industri.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai bidang ilmu komunikasi dengan melibatkan mahasiswa dan bekerja sama dengan para pengajar Program Studi Ilmu Komunikasi.
  4. Menciptakan tata kelola pada Program Studi Ilmu Komunikasi yang terbuka, bertanggung jawab, efisien, efektif, dan profesional.
  5. Menjalin kerja sama dalam bidang ilmu komunikasi dengan berbagai perusahaan dan lembaga, baik nasional maupun internasional, serta institusi pemerintahan.

1st year – Tahun Pertama

Mahasiswa mempelajari pengetahuan dasar di bidang Ilmu Komunikasi dan juga menguatkan basis nilai-nilai yang positif agar menjadi lulusan yang berkarakter dan bertanggung jawab.

2nd year – Tahun Kedua

Mahasiswa mempelajari berbagai konsep dan teori di bidang Ilmu Komunikasi. Pada semester genap tahun kedua, mahasiswa mulai terfokus pada mata kuliah untuk konsentrasi Corporate Communication.

3rd year – Tahun Ketiga

Mahasiswa mempelajari berbagai konsep dan teori pada konsentrasi Corporate Communication. Mahasiswa juga mempelajari beberapa mata kuliah praktis yang menunjang keilmuan dan kompetensinya. Selain itu, mahasiswa mempelajari metodologi dan juga matakuliah Etika dan Filsafat Komunikasi untuk menguatkan landasan keilmuan.

Final year – Tahun Keempat

Mahasiswa telah siap melakukan praktik kerja dan juga melakukan skripsi sebagai persyaratan kelulusan.

Kompetensi & Peluang Karir

Kompetensi Mahasiswa

Lulusan Ilmu Komunikasi TAU diharapkan memilki kompetensi sebagai berikut:

  • Mahasiswa diharapkan memiliki karakter individu yang baik, jiwa kepemimpinan, kerja sama tim yang baik, dan pemahaman mengenai etika profesi sehingga dapat bermanfaat di dunia kerja.

  • Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kreatif, inovatif, dan strategis dalam merancang perencanaan program komunikasi.

  • Mahasiswa diharapkan menguasai teknik menulis dan mampu mengelola media perusahaan.

  • Mahasiswa diharapkan menguasai keahlian presentasi, negosiasi, dan juga segala bentuk kegiatan public speaking.

  • Mahasiswa diharapkan mampu merancang suatu even dan juga bentuk-bentuk kegiatan komunikasi lainnya.

  • Mahasiswa diharapkan mampu mandiri sebagai entrepreneur dengan mengembangkan segala jenis usaha di bidang Ilmu Komunikasi.

  • Mahasiswa diharapkan menguasai keahlian dalam bidang riset.

Peluang Karir

Beberapa karir yang dapat dipilih oleh Lulusan Ilmu Komunikasi TAU:

  • Public Relations Consultant

  • Media consultant/manager

  • Communication strategist

  • Public Relations strategist/Manager

  • Brand Manager

  • Corporate Writer

  • Campaign Director

  • Corporate Affairs Manager

Para akademis program studi kami berpengalaman di bidang dan ranah keahliannya masing masing dan memiliki reputasi yang baik sebagai praktisi, pengajaran dan penelitian. Program ilmu komunikasi ini akan membuat anda sebagai mahasiswa/mahasiswi yang terdepan dalam hal teori dan praktek di dalam lingkup ilmu komunikasi.

Anggota akademis kami adalah: