skip to Main Content
(+62) 8123 729 0009 | (+62) 21 5890 8888 admission@tau.ac.id Sistem Informasi Akademik

Language Center of  TANRI ABENG UNIVERSITY

VISION

Becoming a sustainable language centre that supports Tanri Abeng University (TAU) in producing Career Ready Professionals. 

MISSION

  1. To provide language training & certification with high standard of quality.
  2. To empower TAU students and local society to enhance their quality in language skill.
  3. To promote new models of language teaching.

PROGRAM 

  1. English Course (Basic, Intermediate, and Advance)
  2. TOEFL/IELTS (Testing & Training)

ORGANIZATIONAL STRUCTURE

Adviser : Prof. Dr. M. Nur Sadik, MPM
Director : A. Hairul Umam, M.Hum
Secretary : Dian Monica Erveline Basri, MT
Treasurer : Wirtoyo, SE
Manager of Language Training & Certification : F. Jonet Prihandoko, M.Pd
: Astria Samaradilla Syari, M.Ak
:  Narti Eka Putri, SE, MM
: Astrid Hapsari Rahardjo, MEDes
: Diin Fitri, MM
Manager of Operational & Development : Agung Priyono, S.Sos
: Anita Munir, M.Fin
:  Yenti Sumarni, S.E
: Erdi Irawan, S.Kom
Manager of Public Relation & Marketing : Shinta Kartika Sari, SH
:  Naafi Mahmudah, SAB
: Lisi Pujianti

PERTANYAAN UMUM

  1. Pelayanan apa yang disediakan oleh Pusat Bahasa Tanri Abeng University?
    Pusat Bahasa TAU (LC) melayani kursus Bahasa Inggris,  pelatihan dan tes TOEFL  untuk mahasiswa dan umum.
  2. Kapan pelaksanaan tes TOEFL dan berapa biayanya?
    LC TAU melaksanakan tes TOEFL setiap hari Jumat pada minggu pertama dan ke empat. Biaya tes TOEFL Rp. 150.00 untuk mahasiswa dan Rp. 200.000 untuk umum.
  3. Berapa biaya kursus bahasa Inggris dan TOEFL?

Biaya kursus General English Rp. 1000,000,- dan TOEFL Rp. 1.200.000,-

  1. Kapan waktu pelaksanaan kursus?

Waktu pelaksanaan kursus akan diumumkan setiap 3 bulan untuk waktu dan biaya akan ditetapkan kemudian.

  1. Apakah LC TAU melayani terjemahan dokumen?
    Ya, LC TAU menerima pelayanan terjemahan dokumen resmi, seperti ijazah atau transkrip nilai, abstrak dan dokumen lainnya.

 

 KETENTUAN UMUM TENTANG PELAKSANAAN TES TOEFL

 

 I. PESERTA TES

Peserta  Tes  dibagi dalam tiga kategori peserta, yaitu:

1. Mahasiswa

Mahasiswa yang wajib mengambil tes TOEFL adalah mahasiswa TAU yang belum mengikuti sidang skripsi atau tugas akhir setelah periode Agustus 2019. Dengan persyaratan nilai sebagai berikut: untuk mahasiswa kelas regular skor minimal adalah 400, sedangkan untuk mahasiswa kelas international skor minimal adalah 450.

2. Umum

 

II. SYARAT DAN PROSEDUR PENDAFTARAN TES

  1. Calon peserta tes diharuskan mendaftar di Pusat Bahasa TAU paling  lambat satu hari sebelum tes dilaksanakan. Hanya calon peserta yang telah terdaftar secara resmi yang berhak dan diperbolehkan mengikuti tes.
  2. Pada waktu pendaftaran, calon peserta tes diharuskan menunjukkan identitas diri berupa KTM/ Surat Keterangan Aktif Kuliahbagi mahasiswa aktif TAU; Surat Keterangan karyawan atau KTP/SIM/Passport bagi peserta umum.
  3. Adapun mahasiswa TAU yang tidak dapat menunjukkan  identitas diri seperti disebutkan akan diperlakukan seperti peserta umum.
  4. Calon peserta tes dapat juga mendaftar secara rombongan tetapi tetap tunduk pada ketentuan di atas.
  5. Calon peserta juga dapat mengubah/mengundurkan jadwal tesnya dengan pemberitahuan secara langsung atau melalui telepon dengan ketentuan jika pemberitahuan dilakukan paling lambat sehari sebelum waktu tes, maka calon peserta tidak dikenakan sanksi apa pun.

 

III. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN TES

Tes Bahasa Inggris dilaksanakan setiap hari Jumat yang akan disesuaikan dengan tanggal dan jam yang tertulis pada kartu peserta tes setelah selesai melaksanakan administrasi pendaftaran. Dalam keadaan mendesak, peserta perorangan dapat meminta jadwal khusus yang akan diatur dengan syarat dan ketentuan tersendiri oleh Pusat Bahasa TAU. Dalam keadaan tertentu, peserta rombongan dapat meminta jadwal dan tempat tes khusus yang akan diatur dengan syarat dan ketentuan dan persyaratan khusus oleh Pusat Bahasa.

 

IV. BIAYA TES

Biaya tes ditetapkan berdasarkan kelompok peserta sebagaimana disebutkan di atas, yaitu:

  1. Mahasiswa TAU sebesar Rp.  150.000,-
  2. Umum sebesar Rp. 200.000,-

 

V. PELAKSANAAN TES

Pada waktu tes, peserta diharuskan membawa dan menunjukkan kepada pengawas tanda peserta tes dan identitas diri berupa KTM, KTP, SIM atau Passport  (asli dan bukan fotokopi). Peserta yang tidak dapat menunjukkan tanda peserta tes dan/atau identitas diri seperti disebutkan di atas, tidak dibolehkan mengikuti tes pada hari itu dan harus menjadwal-ulang tesnya pada kesempatan berikutnya. Para peserta tes diwajibkan mematuhi tata-tertib tes yang ditetapkan oleh Pusat Bahasa.

 

VI. HASIL TES

Hasil tes dikoreksi dan diolah secara objektif dan profesional oleh korektor yang ditunjuk oleh Pusat Bahasa atas pertimbangan akademis yang bisa dipertanggungjawabkan dan karenanya bersifat final dan tidak dapat diganggu-gugat.

 

VII. SERTIFIKAT

Hasil tes diberikan kepada peserta dalam bentuk sertifikat yang mencantumkan nilai 3 bagian kompetensi  (Listening, Structure dan Reading) dan Skor Tes.

  1. Ejaan nama yang tertera dalam sertifikat adalah sama dengan ejaan nama yang tertera dalam formulir pendaftaran yang diisi oleh calon peserta sendiri, oleh karena itu setiap perubahan ejaan nama yang diminta oleh peserta menjadi tanggung jawab peserta yang bersangkutan dan akan dibebankan biaya penggantian sertifikat yang diatur oleh Pusat Pengembangan Bahasa.
  2. Sertifikat yang hilang atau rusak dapat diganti dengan surat keterangan nilai dan akan dibebankan biaya administrasi sebesar Rp. 50.000.  Sertifikat dianggap sah apabila sudah ada paraf korektor, tanda tangan Direktur Pusat Bahasa serta cap/stempel Pusat Bahasa TAU.
  3. Sertifikat selesai dalam 5 (lima) hari kerja setelah tes dilaksanakan dan dapat diambil di Pusat Bahasa TAU oleh yang bersangkutan atau orang yang diberi kuasa dengan menunjukkan kwitansi pembayaran biaya tes.
  4. Masa berlaku sertifikat adalah 24 bulan sejak dikeluarkan atau seperti yang ditentukan oleh instansi pengguna (user) sendiri.

 

VIII. PELAKSANAAN TES

Tes akan dilaksanakan di gedung Pusat Pusat Bahasa Tanri Abeng University, Jl. Swadarma Raya No. 58, Ulujami-Pesanggrahan, Jakarta Selatan 12250. T: +62 21 5890 4747 F: =62 21 5890 8118  W: www.tau.ac.id

 

INFORMASI LEBIH LANJUT

Telpon              : +62 21 5890 8118

WhatsApp        : +62 896-8716-5583

IG                        : lc.tauniversity

Email                 : language.center@tau.ac.id

Facebook         : lc.tauniversity

Twitter             :@TAU_LC