skip to Main Content
(+62) 8123 729 0009 | (+62) 21 5890 8888 admission@tau.ac.id Sistem Informasi Akademik

Mengapa Memilih Teknik Sipil?

Program Studi Teknik Sipil TAU menawarkan pendidikan Teknik Sipil yang berbasis riset untuk menunjang percepatan pembangunan infra-struktur Ramah lingkungan Indonesia.

Teknik Sipil mempelajari perancangan dan konstruksi bangunan fisik untuk prasarana transportasi seperti jalan, jembatan, kanal, bendungan, bandar udara, pelabuhan, perumahan, bangunan tingkat tinggi, infra-struktur industri petrokimia dan anjungan lepas pantai. Sarjana lulusan Teknik Sipil bekerja pada sektor pembangunan kota, nasional, privat swasta hingga perusahaan multi-national.

Di dalam usianya yang masih muda, Teknik Sipil TAU sudah ikut terlibat di berbagai kegiatan berskala interna­sional seperti seminar dan program kemahasiswaan di dalam dan luar negeri.

 

Visi :

Visi Program Studi (PS) menjadi program studi bidang Teknik yang Unggul berstandar internasional pada tahun 2027, aktif berperan didalam kegiatan pendidikan, pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta menjunjung tinggi nilai-nilai integritas didalam pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu teknik sipil.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana yang mengutamakan kemampuan profesional pada bidang teknik sipil dan kepemimpinan keahlian profesi.
  2. Membangun budaya penelitian dan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan riset terapan di bidang teknik sipil dan multidisiplin
  3. Memanfaatkan pengembangan ilmu bidang teknik sipil sebagai solusi permasalahan riil melalui kegiatan pengabdian masyarakat dan kemitraan dengan dunia industri.
  4. Membangun serta memperkuat pengelolaan organisasi PS Teknik Sipil yang efektif dan produktif.
  5. Membangun jejaring dengan berbagai pihak yang mendukung terlaksananya tridarma perguruan tinggi, baik pada tingkat nasional maupun internasional

 

Tujuan :

Menghasilkan Sarjana yang mempunyai kualifikasi sbb :

  1. Menghasilkan Sarjana bidang Teknik Sipil yang memiliki kompetensi standar keahlian Sarjana Teknik Sipil, memiliki kemampuan kepemimpinan yang profesional, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki integritas ilmiah
  2. Menghasilkan karya ilmiah bidang teknik sipil yang bermanfaat untuk masyarakat dan dunia industri.
  3. Menjadi mitra masyarakat dan industri dalam menyelesaikan permasalahan yang memerlukan keahlian bidang teknik sipil.
  4. Membangun tata kelola organisasi yang efektif untuk meningkatkan produktivitas pemangku kepentingan di lingkungan PS Teknik Sipil mewujudkan visi dan misi PS Teknik Sipil
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas capaian tri darma perguruan tinggi di lingkungan PS Teknik Sipil melalui kerjasama dengan beberapa Universitas dan Lembaga ditingkat nasional dan internasional.
  6. Menjadi pusat kegiatan penelitian dan pengembangan inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi IPTEK yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  7. Menjadi salah satu pusat rujukan informasi IPTEK bagi masyarakat ilmiah dengan memperluas jangkauan Pelayanan Akademik PS Teknik Sipil.

Semester 1 – 2
Mahasiswa akan dipersiapkan untuk menguasai teknik dasar fiska, kimia, matematika dan menggambar rancangan bangunan.

Semester 3 – 4
Mahasiswa diarahkan untuk memperdalam teori mekanika teknik dan beban struktur rangka batang melalui tugas perancangan bangunan menggunakan software komputer dan praktikum pengujian struktur, beban statis dan dinamis di laboratorium struktur dan hidrolika.

Semester 5 – 6
Mahasiswa diarahkan untuk mampu melakukan penelitian ilmiah terkait rancang bangun infrastruktur dan mampu mengembangkan kemampuan desain pada tugas-tugas perancangan bangunan ramah lingkungan.

Semester 7 – 8
Mahasiswa melaksanakan kerja praktek dan mulai menyiapkan proyek Tugas Akhir dan skripsi.

Setelah menyelesaikan studi diprodi Teknik Sipil TAU, lulusan prodi ini diharapkan dapat:

  1. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk membuat produk gambar detail engineering drawing yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan di dunia kerja.
  2. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan merancang bangunan yang menerapkan prinsip struktur ramah lingkungan.
  3. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian terkait bangunan ramah lingkungan.
  4. Lulusan mahasiswa dari prodi Teknik Sipil dapat berkarir di berbagai macam bidang seperti konsultan perencanaan dan kontraktor bangunan tingkat tinggi, infra-struktur transportasi seperti jembatan, jalan raya, rel kereta api, bandar udara dan pelabuhan, infrastuktur industri petro-kimia dan lepas pantai.
  1. Idi Namara. ST., MT (Ketua Program Studi)
  2. Pungky Dharma Saputra. ST., MSi (Sekretaris Program Studi)
  3. Dr. Ir. Budianto Ontowirjo, M.Sc
  4. Ir. Deny Dwiantoro, MBA., Ph.D
  5. Ir. Iwan Ridwan, M.Sc
  6. Ir. Andi Taufan Marimba, MM., MBA., IPM., MPM
  7. Sekar Mentari, ST., MT
  8. Pratiwi Fudlailah, ST., M.Sc