skip to Main Content
(+62)8123 729 0009 | (+62)21 5890 8888 admission@tau.ac.id

Mengapa Memilih Teknik Eletro ?

Program Studi Teknik Elektro TANRI ABENG UNIVERSITY diarahkan sebagai “centre of excellence “ dalam pembelajaran dan riset, dengan spesialisasi dibidang Teknologi komunikasi mutakhir dan manajemen energi listrik.

Teknik Elektro merupakan inti dunia modern, mulai dari komputer sampai ke sirkuit digital, fotonik dan termasuk juga enerji terbarukan (renewable) dan elektro-medika.

Potensi dan peluang sebagai lulusan Teknik Elektro sangat bervariasi, mulai karier di sektor telekomunikasi, teknologi informasi, otomotif, enerji, sampai ke sektor aerospace (ruang angkasa).

Visi :

Menjadi pusat unggulan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Elektro, mampu menghasilkan pakar di bidang Teknik Elektroyang berwawasan industri, memiliki kompetensi profesional dan siap berkarir baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misi :

1. Menghasilkan Sarjana Teknik Elektro yang memiliki kedalaman ilmu Teknik Elektro, yang secara khusus mendalami teknologi elektronika kontrol dan instrumentasi, teknologi telekomunikasi dan jaringan komputer, teknologi elektronika dalam konteks teknik enerji terbarukan (renewable), serta menjadi sarjana yang siap berkarir sebagai analis, desainer, pengembang dan konsultan secara profesional baik di tingkat nasional maupun internasional.
2. Mewujudkan program pendidikan tingkat sarjana yang dirancang khusus untuk membentuk dan membina mahasiswa yang mempunyai kepemimpinan dan kepribadian yang mengutamakan etika profesi, menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang Teknik Elektro.
3. Menjadikan program studi Teknik Elektro sebagai bidang ilmu pengetahuan berbasis riset serta mampu mendorong kemajuan industri nasional.
4. Mampu menyelenggarakan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi elektronika, komunikasi dan enerji.

Semester 1 – 2
Mahasiswa akan dipersiapkan untuk menguasai teknik dasar fiska, kimia, matematika dan elektro.

Semester 3 – 4
Mahasiswa diarahkan untuk memperdalam teori pengukuran listrik, rangkaian listrik, teknik digital, teknik modulasi, teknik komunikasi data dan jaringan komputer, arsitektur komputer, Elektronika Daya dan Kontrol, Teknik Sistem Kontol dan Microcontroler.

Semester 5 – 6
Mahasiswa diarahkan untuk mampu melakukan penelitian ilmiah terkait rancang bangun sistem elektronika kontrol dan instrumentasi, sistem telekomunikasi dan jaringan komputer, sistem elektronika dalam konteks teknik enerji terbarukan (renewable) serta mengembangkan kemampuan untuk analisa, perancangan dan pengembangan sistem-sistem diatas.

Semester 7 – 8
Mahasiswa melaksanakan kerja praktek dan mulai menyiapkan proyek Tugas Akhir dan skripsi.

Setelah menyelesaikan studi diprodi Teknik Elektro TAU, lulusan prodi ini diharapkan dapat:

1. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk menganalisa, merancang dan membangun sistem berbasis teknologi elektronika kontrol dan instrumentasi, teknologi telekomunikasi dan jaringan komputer, teknologi elektronika dalam konteks teknik enerji terbarukan (renewable).
2. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian terkait teknologi elektronika kontrol dan instrumentasi, teknologi telekomunikasi dan jaringan komputer, teknologi elektronika dalam konteks teknik enerji terbarukan (renewable).
3. Lulusan mahasiswa dari prodi Teknik Elektro dapat berkarir di sektor telekomunikasi, teknologi informasi, otomotif, enerji, aerospace (ruang angkasa).
  1. Rusdianto Roestam PhD. –  (United Kingdom).;
  2. Adrian Lestari PhD. – (Netherland);
  3. Prof. Dr. Didik Notosudjono. – (Germany);
  4. Dr. Mochamad Yunus. – (Universitas Indonesia)