skip to Main Content
(+62) 8123 729 0009 | (+62) 21 5890 8888 admission@tau.ac.id Sistem Informasi Akademik

Mengapa Memilih Ilmu Komunikasi?

  • Kebutuhan perusahaan yang semakin meningkat di bidang komunikasi dalam upaya menunjang tujuan perusahaan.
  • Kombinasi antara teori dan praktik akan lebih mempersiapkan mahasiswa menjadi seorang profesional di bidang Ilmu Komunikasi.
  • Proses belajar yang unik dan pengalaman memperkenalkan mahasiswa ke berbagai institusi, semakin menambah pengetahuan mahasiswa tentang dunia kerja.

 

Visi:

Prodi Ilmu Komunikasi mempunyai visi: “Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi yang terpercaya dan terkemuka dengan menghasilkan lulusan yang berstandar nasional dan internasional pada tahun 2027.”

Misi:

Prodi Ilmu Komunikasi mempunyai misi:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dengan menitikberatkan pada nilai profesional, kewirausahaan, dan kepemimpinan manajerial yang disinergikan dengan bidang Ilmu Komunikasi melalui proses pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
  2. Melaksanakan kegiatan keilmuan dengan melakukan penelitian dari skala lokal sampai pada skala internasional, baik untuk pengembangan ilmu maupun penerapan secara praktik di dunia bisnis dan industri.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai bidang ilmu komunikasi dengan melibatkan mahasiswa dan bekerja sama dengan para pengajar Program Studi Ilmu Komunikasi.
  4. Menciptakan tata kelola pada Program Studi Ilmu Komunikasi yang terbuka, bertanggung jawab, efisien, efektif, dan profesional.
  5. Menjalin kerja sama dalam bidang ilmu komunikasi dengan berbagai perusahaan dan lembaga, baik nasional maupun internasional, serta institusi pemerintahan.

Tujuan:

Program Studi Ilmu Komunikasi Tanri Abeng University diharapkan:

  1. Menghasilkan lulusan yang kreatif, mampu beradaptasi dengan teknologi, dan berdaya saing tinggi dengan memiliki nilai-nilai profesional, kewirausahaan, dan kepemimpinan manajerial di bidang ilmu komunikasi.
  2. Menghasilkan berbagai karya penelitian yang dipublikasikan dalam skala lokal sampai pada skala internasional dan dapat digunakan dalam pengembangan keilmuan dan dunia praktis di bidang ilmu komunikasi.
  3. Berkontribusi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat berguna baik secara sosial kemasyarakatan maupun secara praktis sesuai dengan bidang ilmu komunikasi.
  4. Meningkatkan kualitas tata kelola pada Program Studi Ilmu Komunikasi sehingga dapat mewujudkan keterbukaan, bertanggung jawab, efisien, efektif, dan profesional.
  5. Meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui kerja sama dalam bidang ilmu komunikasi dengan berbagai perusahaan dan lembaga, baik nasional maupun internasional, serta institusi pemerintahan.

Tahun Pertama

Mahasiswa mempelajari pengetahuan dasar di bidang Ilmu Komunikasi dan juga menguatkan basis nilai-nilai yang positif agar menjadi lulusan yang berkarakter dan bertanggung jawab.

Tahun Kedua

Mahasiswa mempelajari berbagai konsep dan teori di bidang Ilmu Komunikasi. Pada semester genap tahun kedua, mahasiswa mulai terfokus pada mata kuliah untuk konsentrasi Corporate Communication.

Tahun Ketiga

Mahasiswa mempelajari berbagai konsep dan teori pada konsentrasi Corporate Communication. Mahasiswa juga mempelajari beberapa mata kuliah praktis yang menunjang keilmuan dan kompetensinya. Selain itu, mahasiswa mempelajari metodologi dan juga matakuliah Etika dan Filsafat Komunikasi untuk menguatkan landasan keilmuan.

Tahun Keempat

Mahasiswa telah siap melakukan praktik kerja dan juga melakukan skripsi sebagai persyaratan kelulusan.

KOMPETENSI

  1. Mahasiswa diharapkan memiliki karakter individu yang baik, jiwa kepemimpinan, kerja sama tim yang baik, dan pemahaman mengenai etika profesi sehingga dapat bermanfaat di dunia kerja.
  2. Mahasiswa diharapkan mampu berpikir kreatif, inovatif, dan strategis dalam merancang perencanaan program komunikasi.
  3. Mahasiswa diharapkan menguasai teknik menulis dan mampu mengelola media perusahaan.
  4. Mahasiswa diharapkan menguasai keahlian presentasi, negosiasi, dan juga segala bentuk kegiatan public speaking.
  5. Mahasiswa diharapkan mampu merancang suatu even dan juga bentuk-bentuk kegiatan komunikasi lainnya.
  6. Mahasiswa diharapkan mampu mandiri sebagai entrepreneur dengan mengembangkan segala jenis usaha di bidang Ilmu Komunikasi.
  7. Mahasiswa diharapkan menguasai keahlian dalam bidang riset

KARIR

Lulusan dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Corporate Communication dapat berkarir sebagai:

  • Public Relations Consultant
  • Corporate Communication Manager
  • Public Relation Manager (Swasta/Pemerintah)
  • Strategic Communication and Campaign Consultant
  • Public Relations & Marketing Consultant
  • Brand Manager
  • Campaign Director
  • Communication consultant
  • Strategic Communication manager
  • Corporate Affairs Manager
  • Researcher
  • Corporate Secretary
  • Strategy Planning Manager
  • Publicist
  • Event Organizer Manager
  1. Erna Mariana Susilowardhani, S.Sos., M.Si. (Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi)
  2. Kartika Aryani Harijono, S.Sos., M.I.Kom.
  3. Ahmad Hairul Umam, M.Hum.
  4. Irwan Setyawan, M.I.Kom.
  5. Kiki Esa Perdana, S.Ip., M.Si.
  6. Achmad Kusaeni, MA.
  7. Siti Khopipah, M.Si.

Beberapa Profil Alumni Jurusan Ilmu Komunikasi

“Karena kampus ini masih relatif baru, saya sangat mersakan kampus memberi ruang untuk berkembang yang lebih dari cukup. Selain itu, semua stakeholder dari mulai mahasiswa, dosen hingga manajemen turut mendukung metode ‘learning by doing’ yang dikombinasikan dengan teori-teori serta pengalaman dari para pebisnis profesional sebagai dosen tamu, serta akademisi yang tak kalah pentingnya. Hal inilah yang cukup berkesan bagi saya, karena dapat mendukung mahasiswa untuk lebih siap menghadapi kehidupan nyata setelah lulus dari almamater.

Hal ini juga sejalan dengan slogan kampus, yaitu “Career Ready Professionals”, di mana, mahasiswa lulusan TANRI ABENG UNIVERSITY (TAU) sungguh-sungguh dipersiapkan untuk menghadapi dunia nyata, yaitu dari sisi pengetahuan, keterampilan, pengalaman, inteligensi emosional, organisasi, dan sebagainya.”

Rifky Aryadiputra,  Project Manager, Worldwide (WW) Omnichannel HP Inc. ( PT. Hewlett-Packard Indonesia )

Klik Untuk Info Selengkapnya

 

“Saya bangga menjadi alumni Tanri Abeng University (TAU). TAU memberikan saya pengalaman perkuliahan yang berkesan dan bermanfaat. Dimulai dari sarana penunjang perkuliahan, seperti gedung dan fasilitas kampus yang modern, lengkap, bersih, asri, dan nyaman.

Selanjutnya, materi dan program perkuliahan yang up to date, mengacu pada program-program perkuliahan seperti di luar negeri yang relevan dengan dunia kerja, serta adanya program pengembangan bakat minat mahasiswa. Hal ini pun didukung oleh dosen-dosen yang berpengalaman di bidang industri, lulusan kampus ternama dalam dan luar negeri. Mahasiswa yang berkuliah di TAU benar-benar disiapkan untuk Career Ready Professional.”

Ade Amin Firmansyah, Batch II (Dua), Technical Support MediMobile, Inc.

Klik Untuk Info Selengkapnya

 

” Tanri Abeng University is one of the few universities that dedicates a semester just for internship, students are free to apply themselves or use the university’s connection at several companies to get an internship. This is definitely on brand with its “Career Ready Professional” mantra as it really did help me get a picture what life in the workplace is like.

In addition to that, TAU has a good mix of lecturers from different backgrounds, from academician to professionals (guest lecturer). So, in class you’ll gain not only theoretical knowledge, but also practical ones.

Post-graduation, I landed a job at one of the most valued start-ups in the world, Uber. I spent a year there until the merger with Grab took place. Now, I work at GOJEK, Indonesia’s first unicorn. At GOJEK, I work as a UX Writer for its lifestyle, point-of-sales, and on-the-go retail products. “

Akhfhin Rahardhiyanto, Batch II (Dua), UX Writer GOJEK

Klik Untuk Info Selengkapnya

 

“ Kuliah di Universitas Tanri Abeng merupakan suatu tahapan paling berharga dalam hidup saya. Selama kuliah di sini, banyak pengalaman yang saya dapat. Dosen-dosen di Universitas ini juga sangat berkompeten dan bagi saya berhasil membentuk saya menjadi karakter yang lebih percaya diri. Fasilitas yang diberikan juga sangat memuaskan. Semua pengalaman saat kuliah di Universitas Tanri Abeng menjadi awal masa depan hidup saya sebagai anak perantauan. Saya juga merasa lebih unggul dari universitas negeri ataupun swasta lainnya. Salam hormat dan ucapan terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada para Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Tanri Abeng.”

Rizky Pranata Nasution, Batch II, Customer Complaint Handling , PT BNI Asset Management

Klik Untuk Info Selengkapnya