skip to Main Content
(+62) 8123 729 0009 | (+62) 21 5890 8888 admission@tau.ac.id

Mengapa Memilih Teknik Arsitektur?

Arsitektur TAU merupa­kan sekolah arsitektur di Indonesia yang menawarkan pen­didikan arsitektur yang berbasis pada prinsip perancangan arsitektur bekelanjutan (sustainable architecture) yang diterapkan dalam lingkup pembelajaran perancangan dalam skala mikro (ruang dalam), meso (bangunan dan lingkungannya) dan makro (kawasan). Selain pembelajaran dalam bidang arsitektur berkelanjutan, Arsitektur TAU juga membekali mahasiswa dengan pengetahuan di bidang pemanfaatan teknologi visualisasi arsitektur dan manajemen kepemimpinan sebagai kompetensi penunjang.

Pengembangan Program Studi Arsitektur TAU diprakarsai oleh pakar arsitektur hijau Indonesia, Prof. Ir. Tri Harso Karyono, MA, Ph.D yang didukung oleh tenaga pengajar lulusan dalam dan luar negeri yang juga memiliki pengalaman di bidang akademisi dan praktisi. Dalam usianya yang masih muda, sivitas akademika Arsitektur TAU juga berhasil terlibat dalam beberapa kegiatan berskala internasional yang diselenggarakan di dalam maupun di luar Kampus TAU.

Visi :

Menjadi program studi yang unggul dan berstandar internasional pada tahun 2027, yang berperan aktif dalam perkembangan dan penerapan prinsip arsitektur berkelanjutan dengan pemanfaatan teknologi, dan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan yang berintegritas dan profesional.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan arsitektur dengan ciri khas pembelajaran di bidang arsitektur berkelanjutan yang didukung penguasaan teknologi dan pengembangan jiwa kepemimpinan yang berintegritas.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang arsitektur berkelanjutan yang dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan lingkungan binaan.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan keilmuan di bidang arsitektur berkelanjutan.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri untuk pengembangan kualitas pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Semester 1 – 2
Mahasiswa dipersiapkan untuk menguasai teknik dasar menggambar, membuat maket dan membuat rancangan bangunan hemat energi bertingkat rendah.

Semester 3 – 4
Mahasiswa diarahkan untuk memperdalam teori dan penerapan arsitektur berkelanjutan melalui tugas perancangan bangunan hemat energi bertingkat sedang serta pengenalan perancangan bangunan menggunakan software komputer.

Semester 5 – 6
Mahasiswa diarahkan untuk mampu melakukan penelitian ilmiah terkait arsitektur berkelanjutan dan mampu mengembangkan kemampuan desain pada tugas-tugas perancangan bangunan hemat energi berskala kawasan.

Semester 7 – 8
Mahasiswa melaksanakan kerja praktek dan mulai menyiapkan proyek Tugas Akhir dan skripsi.

  1. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk membuat produk gambar arsitektur yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan di dunia kerja.
  2. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan merancang bangunan hemat energi yang menerapkan prinsip arsitektur berkelanjutan.
  3. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian terkait bangunan hemat energi dan lingkungan binaan berkelanjutan.
  4. Mahasiswa diharapkan dapat memiliki keahlian pendukung dalam penguasaan teknologi visualisasi arsitektural dan pengetahuan dalam hal kepemimpinan.
  5. Lulusan mahasiswa dari prodi Arsitektur dapat berkarir di berbagai macam bidang seperti arsitektur, interior, manajemen konstruksi, perencanaan kota, penelitian dan pengembang properti.
  1. Dipl-Ing. Firmansyah Bachtiar, ST  (Ketua Program Studi Arsitektur)
  2. Ir. Tri Harso Karyono, MA., Ph.D
  3. Dian Monica Erveline Basri, S.T., M.T
  4. Moh. Wisnu Ibadi, S.T., M.Ds
  5. Randy Dwiyan Delyuzir, S.T., M.T
  6. Hendrik Poltak., S.T., M.T
  7. Astrid Hapsari Rahardjo, S.T., M.T