Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi TAU Paparkan Makalah pada Konferensi Internasional di Australia

PerthDigitising Earlychildhood International Conference 2017 yang diselenggarakan oleh Edith Cowan University pada tanggal 11-15 September 2017 di Perth, Australia mendatangkan sejumlah pemakalah dari berbagai negara, di antaranya Indonesia, Singapura, Amerika Serikat, Inggris, Denmark, Irlandia, dan juga Australia. Pemakalah dari Indonesia yang hadir pada konferensi ini berasal dari Tanri Abeng University, Jakarta.

Kita patut bangga sebagai civitas akademika Tanri Abeng University akan keikutsertaan salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Tanri Abeng University, yaitu Yute Inten Apsari. Mahasiswi Kelas Internasional ini berkolaborasi dengan Dosen Ilmu Komunikasi TAU, Erna Mariana Susilowardhani, M.Si dalam melakukan riset dan mempresentasikan dua makalah sekaligus dengan judul “Building Digital Literacy at Harapan Ibu Kindergarten, Indonesia” dan “Media Online Use by very Young Childhood: What Do They Look for?”

Menurut Erna, keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah ini bertujuan untuk membumikan penelitian di kalangan mahasiswa dan juga memberikan pengalaman konferensi internasional untuk mahasiswa Kelas Internasional di Tanri Abeng University. Kegiatan ilmiah ini juga mendapat dukungan dari Rektor Dr. Tanri Abeng, MBA dan juga Prof. Dr. Muh. Nur Sadik, MPM. Selaku Rektor dan Wakil Rektor Tanri Abeng University dalam rangka meningkatkan jumlah penelitian dan keikutsertaan konferensi dengan skala internasional.

Sebagai mahasiswi, Yute mengaku senang dan banyak mendapatkan ilmu pada ajang ini yang merupakan konferensi ilmiah pertama yang diikutinya. “Saya merasa senang sekali bisa berpartisipasi dalam acara ini, terlebih lagi saya bisa belajar secara langsung dari para kandidat PhD, Doktor, dan Profesor dari berbagai negara tentang tema yang diusung dan juga tentang bagaimana membuat dan menyampaikan presentasi ilmiah yang baik, ringkas, tapi tetap sarat informasi,” kata Yute.

Hadir pula sejumlah keynote speakers, di antaranya Profesor Sonia Livingstone dari London School of Economic, Profesor Jackie Marsh dari University of Sheffield, Profesor Brian O’Neill dari Dublin Institute of Technology, Dr. Donell Holloway dari Edith Cowan University, Profesor Caroline Barratt-Pugh dari Edith Cowan University, dan Associate Professor Tama Leaver dari Curtin University.

Konferensi ini bertujuan untuk menambah wacana keilmuan, khususnya terkait dengan penggunaan perangkat digital di kalangan anak usia dini yang menjadi fenomena saat ini yang terkait dengan literasi, strategi, dan kebijakan yang dapat menyelamatkan anak usia dini dari kemajuan teknologi digital dan penggunaan yang aman bagi mereka. (red).

Category:Uncategorized

Post a comment