Student Orientation TANRI ABENG UNIVERSITY 2017

 

 

Pembukaan student orientation Tanri Abeng University 2017 telah berlangsung pada hari Rabu, 13 September 2017. Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne Tanri Abeng University secara serentak oleh para peserta student orientation. Kemudian dilanjutkan pembukaan secara resmi oleh Prof. Dr Muh Nur Sadik MPM selaku wakil rektor Tanri Abeng University.

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab Universitas untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait. Hal juga merupakan sarana untuk mencari bakat-bakat dari para calon mahasiswa yang masih tersembunyi. Selain itu, ospek juga merupakan sarana untuk saling beradaptasi bagi para mahasiswa baru

Adapun tujuan student orientation :

  1. Mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  2. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
  3. Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis
  6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosialnya
  7. Untuk bisa saling beradaptasi antar sesama mahasiswa.

fungsi student orientation :

  1. Fungsi orientasi bagi mahasiswa baru untuk memasuki dunia Perguruan Tinggi yang berbeda dengan belajar di sekolah lanjutan.
  2. Fungsi komunikatif yakni komunikasi antara civitas akademika dan pegawai administrasi kampus.
  3. Fungsi normatif yakni mahasiswa baru mulai memahami, menghayati dan mengamalkan aturan-aturan yang berlaku di kampus.
  4. Fungsi akademis yakni pengembangan intelektual, bakat, minat dan kepemimpinan bagi mahasiswa.

Setelah acara tersebut resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan adanya seminar dari Badan Narkotika Nasional yang menjelaskan tentang bahaya obat-obatan terlarang , jenis-jenis narkoba dan dampak negatif narkoba bagi pecandu narkoba, serta penjelasan mengenai narkoba yang merusak generasi muda. Setelah acara tersebut berakhir kemudian dilanjutkan oleh acara persiapan talent show yang dilakukan di setiap ruangan kelas. Persiapan ini berupa penyiapan “yel-yel” antar-kelompok, saling menuangkan ide untuk talent show yang akan ditampilkan, dan saling berlatih satu sama lain agar terciptanya talent show yang baik dan memuaskan. Talent show ini dilakukan dengan harapan untuk saling mengenal antar-satu sama lain dan dapat menambah kekompakkan antara anggota didalam tim dan menambah kreativitas dalam anggota.

Didalam acara student orientation ini juga, diselipkan kegiatan game-game sehingga tidak membuat suasana terasa hambar dan membosankan. Acara student orientation ini berakhir pukul 18.00 dan akan dilanjutkan dua hari selanjutnya.

Category:Berita,Informasi

Post a comment